Breaking News

3 Tujuan Utama Menggiring Bola dalam Sepak Bola

3 Tujuan Utama Menggiring Bola dalam Sepak Bola

3 Tujuan Utama Menggiring Bola dalam Sepak Bola

Menggiring bola atau dribbling merupakan salah satu teknik paling dasar dalam sepak bola. Dalam melakukan penggiringan bola, seorang pemain harus memiliki kecepatan dan kelihaian dalam mengarahkan bola. Selain itu, pemain juga harus mengingat apa tujuan menggiring bola dalam pertandingan.

Kata dribbling menggiring bola memiliki arti yaitu gerakan membawa bola ke segala arah khususnya ke arah pertahanan musuh. Artikel ini akan membahas mengenai tiga macam tujuan menggiring bola pada permainan sepak bola. Berikut adalah ulasannya secara lengkap:

  • Untuk Melewati dan Menembus Pertahanan Lawan

Tujuan pertama dari menggiring bola adalah untuk melewati dan menembus pertahanan lawan. Saat kamu hendak membawa bola ke arah gawang lawan, kamu akan dihadang oleh tim lawan. 

Dalam pertandingan sepak bola, seorang pemain yang menghentikan laju bola terlalu lama akan dikejar dan dikerumuni oleh pemain lawan. Untuk menghindari hal ini, pemain tersebut harus terus bergerak bersama bola hingga menemukan pemain satu tim yang dinilai bisa menangkap dan menggiring bola selanjutnya.

  • Untuk Melindungi Bola Agar Tidak Direbut Lawan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika seorang pemain berhenti dan menahan bola terlalu, pemain tim lain akan datang menyerbu. Pemain tim lawan akan mendekat untuk merebut bola dari kaki pemain tersebut.

Tentu saja pemain itu harus segera melarikan diri dan menyelamatkan bola agar tidak berhasil direbut oleh lawan. Saat ingin menyelamatkan bola, pemain tersebut harus berlari sekencang mungkin. 

Kalau sudah terlanjur dikejar dan dikerumuni pemain lawan, pembawa bola harus segera mengecoh pemain lawan dengan gerakan-gerakan yang lihai. Dibutuhkan keahlian dan keterampilan yang tinggi untuk melakukan hal ini.

  • Membawa Bola ke Arah yang Diinginkan

Yang menjadi tujuan utama atau arah yang diinginkan saat menggiring bola tentu saja gawang lawan. Mengingat begitu luasnya lapangan sepak bola, tentu cukup mustahil untuk menembus pertahanan kiper dari jarak yang sangat jauh. Sehingga melakukan penggiringan bola menjadi gerakan yang sangat penting.

Sebagai pembawa bola, setiap pemain sepak bola harus memiliki kemampuan untuk menendang dan mengontrol arah bola dengan baik. Selain itu, pemain sepak bola juga harus menguasai tendangan bola dengan tumit untuk mengoper bola ke belakang dan menjauhi pemain lawan.

Selain kemampuan mengontrol bola di kaki, pemain sepak bola juga harus melatih fokusnya agar tetap bisa berkonsentrasi. Dalam kejaran tim lawan, pemain tidak boleh lengah, apalagi sampai kehilangan bola. 

Seorang pemain sepak bola harus pintar dan jeli melihat keadaan sekitar khususnya untuk melihat dimana posisi rekan sesama tim. Kemampuan mengambil keputusan pun juga penting dalam pertandingan ini.

Teknik menggiring bola memang cukup sulit untuk dilakukan. Namun, jika kamu terus berlatih dengan keras dan mengingat apa saja tujuan menggiring bola dalam pertandingan, kamu pasti bisa menunjukkan performa yang luar biasa. Bahkan kamu pun juga bisa membawa tim kamu menjadi juaranya.

3 Tujuan Utama Menggiring Bola dalam Sepak Bola

About admin

Check Also

Arsenal

Arsenal Siap Gelar Pertandingan Dengan Kehadiran Ribuan Penonton

Di berbagai negara, pertandingan sepakbola profesional sudah mulai dihadiri oleh penonton di stadion. Beberapa negara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *